Friday, March 20, 2020

Terimakasih Corona


Dikarenakan corona virus atau covid-19 yang mulai menyebar ke banyak kota di Indonesia, menuntut negara untuk bertindak cepat untuk mencegah dan menanggulangi virus itu. 

Maka dari itu pada 15 maret 2020 jokowi sebagai kepala negara mengeluarkan kebijakan agar proses belajar mengajar di sekolah dan universitas diliburkan dan dihimbau agar belajar dirumah. Kebijakan itu membuat proses belajar mengajar yang sebelumnya dominan luring menjadi during atau sistem online. 

Bukan hanya sekolah dan universitas yang ada di kota-kota besar melakukan sistem belajar mengajar online sekarang ini, melainkan seluruh sekolah dan universitas yang ada disetiap kota. Dikarenakan efesiensi dan efektifitasnya, pelajar dan mahasiswa bersyukur dan ikhlas serta menikmati sistem belajar online.

Dan bukan hanya itu, salah satu dampak positif dari belajar online adalah pelajar dan mahasiswa yang telah lama menempuh pendidikan diluar kota kembali dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta. Jadi corona adalah salah satu sebab terjadinya keharmonisan dalam keluarga saat ini. 

Adanya corona virus yang berimplikasi pada diterapkannya kuliah online seharusnya menyadarkan kita bahwa apa yang terjadi hari ini adalah pintu awal terciptanya modernitas disetiap daerah-daerah yang ada. 

Dunia pendidikan yang sedang terdigitalisasi hari ini adalah bukti dari revolusi industri 4.0 yang beberapa tahun terakhir hangat diperbincangkan. Dari realitas hari ini, dikarenakan corona virus setidaknya bisa membuka nalar kritis kita.

Jika internet of things dan kecanggihan teknologi memungkinkan dunia pendidikan terdigitalisasi secara holistik ,maka mengapa ingin terus menghabiskan anggaran untuk membuat gedung sebagai wadah belajar? 

Masih perlukah gedung-gedung mewah itu didirikan sebagai wadah belajar untuk menempuh pendidikan? Jikalau semua itu bisa tercipta dalam setiap genggaman tangan manusia. 

Corona menyadarkan kita bahwa teknologi wa bil khusus handphone bukan hanya digunakan untuk menyebar hoax dan curhatan hati, melainkan solusi baru untuk Indonesia maju. 

Terima kasih corona, banyak hikmah yang telah kau berikan.


Mamuju, 21 Maret 2020


By: Melky

3 comments:

HmI Komisariat Metro Unimaju Wujudkan Kader HmI Maju

Mamuju – Pembukaan Basic Training Latihan Kader 1 (Lk-1), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Metro Unimaju, mengambil tem...